4 Sehat 5 Sempurna

Pada postingan hari ini saya akan membahas pola makan yang sehat dan bergizi untuk tubuh manusia  
Ok langsung aja ke topik, chek it out......
Makanan Merupakan Kebutuhan terpenting seorang manusia, dengan makanan manusia dapat hidup, tumbuh dan berfikir. Makanan Merupakan asupan yang sangat mempengaruhi tubuh serta fikiran. Apabila kita mengkonsumsi makanan yang uddh basi atau kadaluarsa maka kondisi badan dapat memburuk sehingga menyebabkan kitah jatuh sakit, begitu pula apabila kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan siap saji atau instant yang tercampur racikan senyawa kimia dapat mengakibatkan kinerja otak menjadi rusak, lambat dalam berfikir, sering kehilangan kosentrasi serta lemah dalam mencerna sebuah informasi yang di berikan. Untuk itu kita memerlukan asupan makanan yang sesuai untuk memenuhi kriteria makanan sehat, seimbang dan bergizi dengan kata lain dianjurkan untuk mengkonsumsi pola menu makanan 4 sehat 5 sempurna.



Apa yang dimaksud pola makan 4 sehat 5 sempurna ??
Pola makan 4 sehat 5 sempurna adalah pola menu seimbang yang bila disusun dengan baik mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.
Makanan bergizi adalah makanan konsumsi yang mengandung 3 guna(triguna), yaitu :
  • ·         Sebagai sumber tenaga (makanan pokok) 
  • ·         Sebagai zat pengatur 
  • ·         Sebagai zat pembangun.

Fungsi zat makanan :
  • ·         Sebagai sumber energi atau tenaga
  • ·         Menyokong pertumbuhan badan
  • ·         Memelihara jaringan tubuh
  • ·         Mengganti bagian atau sel – sel yang rusak 
  • ·         Mengatur metabolisme dan mengatur berbagai keseimbangan (air, asam basa, dan mineral dalam cairan tubuh).
Berikut jenis pola menu makanan 4 sehat 5 sempurna beserta  Gambarnya :

www.hernifan-ahmad.blogspot.com
www.hernifan-ahmad.blogspot.com
  • Makanan pokok
    Apakah anda bertanya-tanya, apa saja kah jenis makanan pokok itu? Seperti yang kita ketahui bahwa makanan pokok adalah segala jenis makanan yang menjadi sumber tenaga untuk tubuh dalam melakukan berbagai aktititas sehari-hari. Diantara jenis makanan pokok adalah jagung, nasi, kentang, oat, kentang, terpung terigu, dan berbagai jenis umbi-umbian yang lainnya. Makanan pokok biasanya makanan yang mengandung karbohidrat sehingga bisa menghasilkan tenaga.
  • Lauk-pauk
    Ketika berbicara mengenai lauk pauk, yang terbersit di pikiran kita pastilah segala hal yang biasa dijadikan pasangan dari nasi. Lauk pauk sebenarnya mempunyai fungsi yang penting yakni memenuhi asupan zat pembangun yang harus didapatkan oleh tubuh. Contoh dari lauk pauk sendiri adalah tempe, daging, telur, ikan, dan lain sebagainya. Selain untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun, mengkonsumsi lauk pauk juga akan menjadikan makanan kita lebih nikmat lagi.
  • Sayur-sayuran
    Sayur-sayuran adalah salah satu bahan yang bisa dikonsumsi sebagai bahan jenis bahan makanan 4 sehat 5 sempurna yang baik untuk tubuh. Sayuran mempunyai fungsi untuk memenuhi zat pengatur yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayur-mayur yang baik untuk dikonsumsi pun punya dua jenis warna, yakni warna hijau dan warna warni. Untuk sayur warna hijau, contohnya adalah bayam, brokoli, kangkung, kacang panjang, pare, labu siam, dan sebagainya. Sedangkan untuk sayuran yang berwarna-warni contohnya adalah tomat, terong, wortel, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi yang lain.
  • Buah-buahan
    Tidak ada yang meragukan bahwa buah-buahan adalah makanan yang mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh, diantaranya adalah untuk memberi asupan kebutuhan zat pengatur yang ada pada tubuh. Contoh dari buah-buahan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi adalah apel, manggis, kesemek, markisa, salak pondoh, duren, dan berbagai buah yang familiar lainnya. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai buah yang cocok untuk dikonsumsi tubuh.
  • Susu
    Susu adalah bahan pelengkap yang masuk dalam jenis makanan 4 sehat 5 sempurna yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh tubuh. Banyak sekali jenis susu yang bisa dikonsumsi seperti susu kedelai, susu kambing, susu sapi, susu almond
Sekian dulu pertemuan kali ini Semoga Bermanfaat ....Hehehe
hernifan-ahmad.blogspot.com
Berkomentar dengan
atau
silahkan tentukan pilihan sobat!

1 comment

7 March 2014 at 01:05

sangat bermanfaat sekali, izin sedot gambarnya gan

Post a Comment


Credits